OSIS Belajar Agama dan Jurnalistik di Radar Banyuwangi

    Bertempat di Graha Pena Radar Banyuwangi. Pada hari Sabtu, 9 April 2022 OSIS SMP Negeri 2 Banyuwangi menggelar kegiatan belajar agama dan jurnalistik. Kantor Radar Banyuwangi yang merupakan bagaian dari surat kabar nasional Jawa Pos ini terletak di Jalan Brawijaya dengan bangunan yang kalau di lihat sepintas sangat unik dari bangunan lainnya yang berada di sekitar jalan provinsi.

    Tepat pukul 08.00 OSIS SMP Negeri 2 Banyuwangi yang di dampingi oleh pembina OSIS Ibu Titik Suci Rahayu mulai membuka kegiatan. Agenda kegiatan di bulan suci Ramadhan ini terdiri dari kegiatan belajar agama dengan dibimbing oleh Ustadz Achmad Hamim Hidayat yang merupakan Ketua Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI). Selanjutnya kegiatan ke dua belajar jurnalistik  dibimbing oleh Bapak Dedy Jumhardiyanto yang merupakan wartawan dari Radar Banyuwangi.

    Dalam kesempatan memberikan materi belajar agama, Ustadz Hamim mendapatkan kesempatan memberikan materi selama dua jam. Selama kegiatan dua jam tersebut secara berurutan Ustadz Hamim yang juga merupakan salah satu pengurus komite di SMP Negeri 2 Banyuwangi membagi kegiatannya dengan di awali bimbingan baca tulis Al_Quran, selanjutnya berurutan menyampaikan penyuluhan tentang ibadah lima waktu, puasa, zakat, keluarga sakinah hingga masalah penanggulangan Narkoba.

    Di sela-sela kegiatan belajar agama, ustadz Hamim juga memberikan reward bagi peserta yang dapat memberikan pendapat ataupun mampu menjawab apa yang ditanyakan dengan benar. Tidak tanggung-tanggung sebagai rewardnya adalah sebuah buku.

    Sementara itu di kesempatan ke dua, Bapak Dedy Jumhardiyanto memberikan materi tentang jurnalistik dengan diawali pengertian jurnalistik, penyusunan berita dengan 5W+1H, bagaimana menulis berita yang baik hingga tips bapak Deddy menjadi seorang wartawan hingga saat ini. Selain memberikan materi tentang jurnalistik di sela-sela penutupan kegiatan jurnalistik, bapak Deddy memberikan pesan kepada peserta didik untuk menjadi orang sukses setidaknya kita perlu hormat pada kedua orangtua, hormat pada bapak dan ibu guru, senantiasa mendoakan kedua orang tua dan guru, berdoa setinggi-tingginya dan juga mencontoh kesuksesan salah satu orang di Banyuwangi di usia dua puluh tahun sukses menjadi seorang dokter. Tips dokter tersebut ternyata hanya dengan menjaga kesucian diri.

    Secara tidak langsung kegiatan di Graha Pena Radar Banyuwangi ini merupakan kegiatan positif. Hal ini senada dengan apa yang diungkapkan oleh Kaur. Kesiswaan, Bapak Ahmad Amin Udin yang bertemu dengan Bapak Toha salah satu wartawan Radar Banyuwangi. Dalam pertemuan tersebut ada keinginan dari kesiswaan untuk menggali lebih jauh lagi tentang jurnalistik karena bagaimanapun kegiatan jurnalistik merupakan salah satu bagian dari kegiatan literasi.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Download App SPENDABA

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman.