Pondok Ramadhan SMP Negeri 2 Banyuwangi

SMP Negeri 2 Banyuwangi menutup kegiatan Pondok Ramadhan pada hari Rabu, 13 April 2022. Kegiatan Pondok Ramadhan berlangsung selama tiga hari ini merupakan salah satu kegiatan yang acaranya bekerjasama dengan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI). Bidang penyuluhan Pondok Ramadhan yang penyelenggaraannya di Aula Ki Hadjar Dewantara mengangkat masalah-masalah di masyarakat seperti, pemberdayaan zakat, produk makan minuman halal, radikalisme dan aliran sempalan, kerukunan umat beragama, baca tulis Al-Quran, keluarga sakinah, pemberdayaan wakaf, dan penyalahgunaan narkoba.

Ketua FKPAI mengungkapkan, “Kegiatan Pondok Ramadhan di SMP Negeri 2 Banyuwangi merupakan salah satu upaya menyemarakkan syiar Ramadhan tahun 1443 H, harapannya setelah kegiatan Pondok Ramadhan ada peningkatan kualitas ibadah siswa,” ungkap Bapak Ahmad Hamim Hidayat yang sekaligus sebagai anggota komite sekolah.

Sebelum kegiatan Pondok Ramadhan yang di mulai pada tanggal 11 April 2022, Bapak Hamim juga melakukan kegiatan bersama OSIS SMP Negeri 2 Banyuwangi di Graha Pena Radar Banyuwangi. Kegiatan itu sendiri dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 April 2022 dengan agenda kegiatan Ngaji Bareng dan Belajar Jurnalistik.

Selain Pondok Ramadhan, Ngaji Bareng dan Belajar Jurnalistik, sekolah juga melakukan kegiatan penerimaan zakat fitrah. Tujuan dari kegiatan zakat di sekolah ini adalah sebagai salah satu upaya sekolah khususnya pendidikan agama untuk memberikan pengalaman nyata mengamalkan rukun Islam ke empat.

Dalam kesempatan menutup kegiatan Pondok Ramadhan, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Banyuwangi mengingatkan untuk peserta didik agar dapat meningkatkan ibadahnya. Karena bulan Ramadhan merupakan bulan pendidikan bagi seluruh umat muslim di dunia.

Pada kesempatan ini pula Ibu Dewi Astuti juga menyampaikan serta menguatkan kegiatan Gerakan Berantas Buta Baca Quran atau disingkat dengan GEBER BeBeQu. Gerakan BeBeQu ini merupakan salah satu inovasi sekolah yang telah di launching pada tanggal 4 Februari 2022 di Aula Ki Hadjar Dewantara. Harapan dari GEBER BeBeQu ini, seluruh siswa SMP Negeri 2 Banyuwangi bebas dari buta baca Al-Quran.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Download App SPENDABA

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman.